BAB l
ILMU SOSIAL DASAR
1. Pengantar
Ilmu Sosial Dasar
a) Pengertian,
tujuan ISD dan IPS
Pengertian
ISD
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat
Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian
(fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial
seperti: sejarah, ekonomi, geografi
sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.
Tujuan
ISD
·
Umum
Mahasiswa memahami hakekat dan fungsi ISD dalam
perguruan Tinggi.
·
Khusus
1.Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan pendidikan umum
di perguruan tinggi
2. Mahasiswa dapat menjelaskan 3 kemampuan yang diharapkan dihasilkan dari lulusan pendidikan tinggi
3. Mahasiswa dapat menjelaskan latar belakang diberikannya ISD
4. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ISD
5. Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan ISD
6. Mahasiswa dapat menyebutkan 3 kelompok ilmu pengetahuan
7. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian masalah sosial
8. Mahasiswa dapat memberikan contoh masalah sosial
2. Mahasiswa dapat menjelaskan 3 kemampuan yang diharapkan dihasilkan dari lulusan pendidikan tinggi
3. Mahasiswa dapat menjelaskan latar belakang diberikannya ISD
4. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ISD
5. Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan ISD
6. Mahasiswa dapat menyebutkan 3 kelompok ilmu pengetahuan
7. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian masalah sosial
8. Mahasiswa dapat memberikan contoh masalah sosial
Kelompok Ilmu
Pengetahuan
Berdasarkan sumber filsafat, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi
tiga:
a. Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah),
meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
b. Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari
: Sosiologi, Ekonomi, Politik
Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
c. Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi : Bahasa,
Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.
b) Persamaan dan
Perbedaan ISD dan IPS
Persamaan ISD dengan IPS.
1. Dua-duanya merupakan bahan studi untuk pendidikan
2. Dua-duanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
3. Duaduanya punya materi yang berasal dari masalah dan kenyataan sosial
Perbedaan ISD dengan IPS.
1. Ilmu sosial dasar diberikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan di SD hingga SMA
2. ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS terdiri sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
3. ISD diarahkan untuk pembentukan sikap, sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan.
c) Ruang
Lingkup ISD
ISD meliputi dua kelompok utama; studi manusia dan
masyarakat dan studi lembaga2 sosial. Yg terutama terdiri atas psikologi,
sosiologi, dan antropologi, sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi dan
politik.
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3
golongan :
1. kenyataan-kenyataan social yang ada dala
mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
2. konsep-konsep social atau pengertian-pengertian
tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elemnter
saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang
dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
3. masalah-masalh yang timbul dalam masyarakat,
biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara yang
satu dengan yang lainnya berbeda.
- Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
- Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah
kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan warga Negara dan Negara
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
6. Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan warga Negara dan Negara
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
6. Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
- d) Pendapat Mahasiswa Mengenai Ilmu Sosial Dasar
Saya setuju tentang “ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU” karena mata kuliah
ISD sebagai tolak ukur prilaku mahasiswa dalam bersosialisasi dengan
memperhatikan etika-etika pergaulan yang benar menurut ISD.
Dengan kita mempelajari ISD maka dapat menghasilkan sarjana yang mempunyai seperangakat pengetahuan yang terdiri atas :
1. Kemampuan akademis : kemampuan berkomunikasi secara ilmiah, baik secara lisan ataupun tulisan, maupun berfikir logis, kritis, dan sistematis.
2. Kemampuan professional : kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan.
3. Kemampuan personal : kemampuan kepribadian.
Jadi dengan mempelajari mata kuliah ini maka mahasiswa menjadi pribadi yang dapat diterima masyarakat luas dengan mudah.
Dengan kita mempelajari ISD maka dapat menghasilkan sarjana yang mempunyai seperangakat pengetahuan yang terdiri atas :
1. Kemampuan akademis : kemampuan berkomunikasi secara ilmiah, baik secara lisan ataupun tulisan, maupun berfikir logis, kritis, dan sistematis.
2. Kemampuan professional : kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan.
3. Kemampuan personal : kemampuan kepribadian.
Jadi dengan mempelajari mata kuliah ini maka mahasiswa menjadi pribadi yang dapat diterima masyarakat luas dengan mudah.
Sumber Refrensi : http://fajarrahmadani.blogspot.com, http://ferryrinaldy.wordpress.com, http://ykaditya.blogspot.com, http://windysukmawan.blogspot.com
TERIMA KASIH....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar