Translate

Selasa, 06 Januari 2015

 Resume Kelompok VI

PENGERTIAN DAN PROSES KOMUNIKASI
Istilah komunikasi (Bahasa Inggris: Communication) mempunyai banyak arti,istilah komunikasi berasal dari bahasa latin,yaitu communis,yang berarti sama (common). Dari kata communis berubah menjadi kata kerja kommunicare, yang berarti menyebarkan atau memberitahukan informasi kepada pihak lain guna mendapatkan pengertian komunikasikan suatu informasi harus ditetapkan terlebih dahulu suatu dasar tutuj temu yang sama.
Dari definisi tersebut dapat disimpulkan komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari suatu pihak kepada lain pihak untuk mendapatkan saling pengertian. Dari definisi tersebut terkandung dua pengertian,yaitu proses dan informasi. Proses merupakan suatu rangkaian daripada langkah-langkah yang harus dilalui dalam usaha pencapaian suatu tujuan. Rangkaian model proses komunikasi melalui tahap-tahap sebagai berikut:
1.      Tahap penciptaan gagasan
2.      Tahap penyusunan gagasan dalam bentuk symbol atau tanda-tanda sandi
3.      Tahap pengiriman
4.      Tahap penerimaan
5.      Tahap menginterpretasikan gagasan atau pesan yang diterima
6.      Tahap pemberian tanggapan

Tabel Media Saluran Informasi
Saluran Media Informasi
Arus Komunikasi
Tertulis
Lisan
Ke Bawah
·         Buku Pedoman
·         Uraian Tugas/Job Description
·         Bulletin
·         Papan Pengumuman
·         Poster
·         Memo/Nota Dalam
·         Surat dari pimpinan
·         Laporan Tahunan
·         Mekanisme penyusunan anggaran
·         Telepon
·         Interkom/Interpon
·         Tatap Muka
·         Exit Interview
Ke Atas




·         Kotak Saran
·         Suggestion Plan
·         Grievance Pocedure (untuk mengetahui keinginan pegawai)
·         Mekanisme Penyusunan Anggaran
·         Telepon
·         Interkom/Interpon
·         Tatap Muka
·         Exit Interview
·         Kebijaksanaan Pintu Terbuka (open door policy)
Horisontal
·         Memo/Nota Dalam
·         Edaran
·         Pengumuman
·         Poster
·         Tembusan Surat-surat
·         Telepon
·         Interkom/Interpon
·         Tatap Muka
Diagonal
·         Memo/Nota Dalam
·         Edaran
·         Pengumuman
·         Tembusan Surat-surat
·         Telepon
·         Interkom/Interpon
·         Tatap Muka

PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Pentingnya komunikasi dalam organisasi sebab menimbulkan pengaruh yang besar, diantaranya :
1)      Menimbulkan rasa kesetiakawanan dan loyalitas antara:
·         Para bawahan dengan atasan/pimpinan.
·         Bawahan dengan bawahan.
·         Atasan dengan atasan.
·         Pegawai dengan organisasi/lembaga yang bersangkutan.
2)      Meningkatkan kegairahan kerja para pegawai.
3)      Meningkatkan moral dan disiplin para pegawai.
4)      Semua jajaran pimpinan dapat mengetahui keadaan bidang yang menjadi tugasnya sehingga akan berlangsung pengendalian operasional yang efisien.
5)      Semua pegawai dapat mengetahui kebijaksanaan, peraturan-peraturan, ketentuan-ketentuan, yang telah diterapkan oleh pimpinan organisasi.
6)      Semua informasi, keterangan-keteranganb yang dibutuhkan oleh para pegawai dapat dengann cepat dan tepat diperoleh.
7)      Meningkatkan rasa tanggung jawab semua pegawai.
8)      Menimbulkan saling pengertian di antara pegawai
9)      Meningkatkan kerja sama (team work) di antara para pegawai.
10)  Meningkatkan semangat korp atau esprit de corp di kalangan para pegawai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar