Translate

Selasa, 26 April 2016


 Contoh Penulisan Ilmiah
1. Pendahuluan



    1. Latar Belakang

Indonesia sebagai Negara dengan berbagai macam suku dan budaya, tentunya di setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Mulai dari bahasa, pakaian, rumah adat dan juga lagu daerah yang menjadi keunikan tersendiri pada tiap liriknya. Keragaman budaya yang ada khususnya lagu daerah menjadikan hal yang berbeda dari bangsa lain di dunia.

Namun, dewasa ini kita lebih sering mendengarkan lagu-lagu modern yang jauh dari unsur nilai budaya Indonesia. Minat akan lagu daerah pun semakin berkurang bahkan beberapa hanya sekedar tahu saja. Ini terjadi akibat perkembangan zaman yang tanpa diikuti dengan kemauan atau kurangnya minat generasi muda terhadap lagu-lagu daerah Indonesia, mereka lebih memilih untuk mengikuti perkembangan musik yang sedang trend, baik didalam negeri maupun luar negeri.

Perkembangan teknologi yang pesat seiring berjalannya waktu, kini akses internet semakin mudah dan cepat. Hal ini mempermudah mereka, anak muda untuk mengunduh lagu yang diinginkan melaui gadget mereka. Dan apa yang terjadi ini, tidak sebanding dengan materi lagu-lagu daerah yang hanya mereka dapat di jenjang sekolah dasar.

Bahkan trend penggunaan smartphone maupun gadget lainnya sudah bukan orang  dewasa saja yang menggunakannya, anak-anak pun sudah dapat mengoperasikannya. Walaupun hanya sebatas untuk bermain game saja. Berdasarkan hal tersebut, penulis mencoba membuat sebuah Aplikasi Lagu Daerah Indonesia Berbasis Android sebagai cara lain untuk mengenalkan lagu-lagu daerah dengan mudah.

    1. Batasan Masalah

Pembuatan aplikasi ini, dikhususkan untuk para pelajar tingkat Sekolah Dasar. Aplikasi ini bersifat offline, sehingga dapat dioperasikan tanpa harus harus terhubung dengan jaringan internet. Selain dapat digunakan oleh pelajar maupun anak-anak, aplikasi dapat digunakan oleh berbagai kalangan usia atau bagi mereka yang ingin belajar budaya Indonesia melalui lagu daerah. Pembuatan aplikasi menggunakan Eclipse Indigo.

    1. Tujuan Penulisan

Tujuan dibuatnya Aplikasi Lagu Daerah Indonesia Berbasis Android ini, diharapkan dapat membantu para generasi muda agar lebih kembali mencintai dan menghargai kebudayaan Indonesia, terutama pada lagu-lagu daerah Nusantara.

    1. Metode Penelitan

Untuk menyelesaikan penyusunan Penulisan Ilmiah ini, penulis membaginya menjadi empat tahapan, antara lain:

  1. Analisis

Di tahap analisis ini, penulis mengumpulkan data dan berbagai informasi dengan mengambil referensi dari buku dan internet.

  1. Perancangan

Pada tahap ini penulis merancang tampilan untuk pembuatan Aplikasi Lagu Daerah Indonesia Berbasis Android. Perancangan aplikasi ini menggunakan struktur navigasi dengan menggunakan perangkat lunak Eclipse Indigo. Serta beberapa gambar dari internet.

  1. Implementasi

Untuk tahap ketiga, penulis akan melakukan pengujian terhadap aplikasi ini dengan target pengguna smartphone usia Sekolah Dasar. Tujuannya untuk mengetahui apakah dari pembuatan Aplikasi Lagu Daerah Indonesia Berbasis Android ini, sudah sesuai dengan yang diinginkan penulis. Yaitu dapat membantu mengenalkan budaya bangsa berupa lagu-lagi daerah.

  1. Pengujian

Pengujian dilakukan terhadap pengguna gadget atau smartphone usia Sekolah Dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar