Jenis
- Jenis Profesi dan Deskripsi Dibidang IT
Perkembangan dunia IT telah melahirkan bidang baru
yang tidak terlepas dari tujuan utamanya yaitu untuk semakin memudahkan manusia
dalam melakukan segala aktifitas. Saat ini ada banyak aneka profesi di bidang
IT atau Teknologi Informasi.Munculnya bidang IT yang baru juga memunculkan
profesi di bidang IT yang semakin menjurus sesuai dengan keahlian
masing-masing. Berikut ini merupakan aneka profesi di bidang IT :
1. Programmer
adalah orang yang membuat suatu aplikasi untuk client/user baik untuk perusahaan,
instansi ataupun perorangan.
Tugas
: Membuat program baik aplikasi maupun system operasi dengan menggunakan bahasa
pemrograman yang ada.
Kualifikasi
:
-
Menguasai logika dan algoritma pemrograman
-
Menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, Ajax, CSS, JavaScript, C++, VB, PHP,
Java, Ruby dll.
-
Memahami SQL
-
Menguasai bahasa inggris IT
2. IT Support
merupakan pekerjaan IT yang mengharuskan seseorang bisa mengatasi masalah umum
yang terjadi pada komputer seperti install software, perbaikan hardware dan
membuat jaringan komputer. Profesi ini cukup mudah dilakukan karena bisa
dilakukan secara otodidak tanpa memerlukan pendidikan khusus.
Tugas
: install software, memperbaiki hardware, dan membuat jaringan.
Kualifikasi
:
-
Menguasai bagian-bagian hardware computer
-
Mengetahui cara install program atau aplikasi software
-
Menguasai sejumlah aplikasi umum sistem operasi komputer
3. Software
Engineer adalah mereka yang memiliki keahlian untuk memproduksi perangkat lunak
mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah
digunakan.
Tugas
: merancang dan menerapkan metode terbaik dalam pengembangan proyek software.
Kualifikasi
: menguasai keahlian sebagai programmer dan system analyst dan menguasai metode
pengembangan software seperti RUP, Agile, XP, Scrum dll.
4. Database
Administrator adalah mereka yang memiliki keahlian untuk mendesain,
mengimplementasi, memelihara dan memperbaiki database.
Tugas
: menginstal perangkat lunak baru, mengkonfigurasi hardware dan software dengan
sistem administrator, mengelola keamanan database, dan analisa data di
database.
Kualifikasi
:
Menguasai
teknologi database seperti Oracle, Sybase, DB2, MS Access serta Sistem Operasi
dan menguasai teknologi server dan storage.
5. Web
Administrator adalah seseorang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap
operasional sebuah situs atau website.
Tugas
:
-
Menjaga kelancaran akses situs (instalasi dan konfigurasi sistem)
-
Merawat hosting dan domain
-
Mengatur keamanan server dan firewall
-
Mengatur akun dan kata sandi untuk admin serta user
Kualifikasi
:
-
Menguasai keahlian seorang programmer
-
Menguasai jaringan (LAN, WAN, Intranet)
-
Menguasai OS Unix (Linux, FreeBSD, dll)
6. Web Developer
adalah mereka yang memiliki keahlian untuk memberikan konsultasi pembangunan
sebuah situs dengan konsep yang telah ditentukan.
Tugas
:
-
Menganalisa kebutuhan system
-
Merancang web atau situs (desain dan program)
-
Mengaktifkan domain dan hosting
-
Pemeliharaan situs dan promosi
Kualifikasi
:
-
Menguasai pemrograman web
-
Menguasai pengelolaan database
-
Mengerti domain dan hosting
-
Menguasai sistem jaringan
7. Web Designer
adalah mereka yang memiliki keahlian dalam membuat design atraktif dan menarik
untuk situs serta design untuk kepentingan promosi situs secara visual.
Tugas
: mendesain tampilan situs dan memastikan tampilan gambar berfungsi ketika
ditambahkan bahasa pemrograman.
Kualifikasi
:
-
Menguasai HTML, CSS dan XHTML
-
Menguasai Adobe Photoshop & Illustrator
-
Memiliki jiwa seni dan harus kreatif
8. Network Engineer
adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari
maintenance sampai pada troubleshooting-nya.
Tugas
:
-
Membuat jaringan untuk perusahaan atau instansi
-
Mengatur email, anti spam dan virus protection
-
Melakukan pengaturan user account, izin dan kata sandi
-
Mengawasi penggunaan jaringan
Kualifikasi
: menguasai server, workstation dan hub/switch.
9. System Analyst
adalah orang yang memiliki keahlian untuk menganalisa system yang akan
diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan
kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.
Tugas
:
-
Mengembangkan perangkat lunak/software dalam tahapan requirement, design dan
construction
-
Membuat dokumen requirement dan desain software berdasarkan jenis bisnis
customer
-
Membangun framework untuk digunakan dalam pengembangan software oleh programmer
Kualifikasi
:
-
Menguasai keahlian sebagai programmer
-
Menguasai metode dan best practice pemrograman
-
Memahami arsitektur aplikasi dan teknologi terkini
Itulah aneka profesi di bidang IT yang sangat
potensial untuk dijadikan karir ke depannya dan profesi di bidang IT ini
mungkin saja akan semakin bertambah seiring berkembangnya dunia teknologi
informasi sehingga kesempatan mencari lowongan kerja it atau sesuai bidang ini semakin
terbuka lebar.
Deskripsi Kerja Profesi IT
Berikut ini merupakan beberapa deskripsi kerja (job
description) dari beberapa profesi yang terdapat di bidang IT.
1. IT Programmer
· Mengambil
bagian dalam pengembangan dan integrasi perangkat lunak.
· Mengembangkan
secara aktif kemampuan dalam pengembangan perangkat lunak.
· Menerima
permintaan user untuk masalah-masalah yang harus diselesaikan.
· Menyediaakan
dukungan dan penyelesaian masalah konsumen baik untuk konsumen internal maupun
eksternal.
· Bertanggung
jawab atas kepuasan terkini pelanggan.
· Melakukan
tugas-tugas yang berkaitan dan tanggung jawab yang diminta, seperti dalam
sertifikat dan menuruti rencana dasar perusahaan untuk membangun kecakapan
dalam portofolio produk.
· Mengerjakan
macam-macam tugas terkait seperti yang diberikan.
· Membentuk
kekompakan maksimum dalam perusahaan bersama dengan rekan-rekan dalam
perusahaan.
.2. System Analyst
· Mengumpulkan
informasi untuk penganalisaan dan evaluasi sistem yang sudah ada maupun untuk
rancangan suatu sistem.
· Riset,
perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade
sistem pengoperasian.
· Riset,
perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade
perangkat keras, perangkat lunak, serta sistem pengoperasiannya.
· Melakukan
analisis dan evaluasi terhadap prosedur bisnis yang ada maupun yang sedang
diajukan atau terhadap kendala yang ada untuk memenuhi keperluan data
processing.
· Mempersiapkan
flowchart dan diagram yang menggambarkan kemampuan dan proses dari sistem yang
digunakan.
· Melakukan
riset dan rekomendasi untuk pembelian, penggunaan, dan pembangunan hardware dan
software.
· Memperbaiki
berbagai masalah seputar hardware, software, dan konektivitas, termasuk di
dalamnya akses pengguna dan konfigurasi komponen.
· Memilih
prosedur yang tepat dan mencari support ketika terjadi kesalahan, dan panduan
yang ada tidak mencukupi, atau timbul permasalahan besar yang tidak terduga.
· Mencatat
dan memelihara laporan tentang perlengkapan perangkat keras dan lunak, lisensi
situs dan/ atau server, serta akses dan security pengguna.
· Mencari
alternatif untuk mengoptimalkan penggunaan computer.
· Mampu
bekerja sebagai bagian dari team, misalnya dalam hal jaringan, guna menjamin
konektivitas dan keserasian proses di antara sistem yang ada.
· Mencatat
dan menyimpan dokumentasi atas sistem.
· Melakukan
riset yang bersifat teknis atas system upgrade untuk menentukan feasibility,
biaya dan waktu, serta kesesuaian dengan sistem yang ada.
· Menjaga
confidentiality atas informasi yang diproses dan disimpan dalam jaringan.
· Mendokumentasikan
kekurangan serta solusi terhadap sistem yang ada sebagai catatan untuk masa
yang akan datang.
3. IT Project Manager
· Mengembangkan
dan mengelola work breakdown structure (WBS) proyek teknologi informasi.
· Mengembangkan
atau memperbarui rencana proyek untuk proyek-proyek teknologi informasi
termasuk informasi seperti tujuan proyek, teknologi, sistem, spesifikasi
informasi, jadwal, dana, dan staf.
· Mengelola
pelaksanaan proyek untuk memastikan kepatuhan terhadap anggaran, jadwal, dan
ruang lingkup.
· Menyiapkan
laporan status proyek dengan mengumpulkan, menganalisis, dan meringkas
informasi dan tren.
· Menetapkan
tugas, tanggung jawab, dan rentang kewenangan kepada personil proyek.
· Mengkoordinasikan
rekrutmen atau pemilihan personil proyek.
· Mengembangkan
dan mengelola anggaran tahunan untuk proyek-proyek teknologi informasi.
· Mengembangkan
rencana pelaksanaan yang mencakup analisis seperti biaya-manfaat atau laba atas
investasi. Secara langsung atau mengkoordinasikan kegiatan personil proyek.
· Menetapkan
dan melaksanakan rencana komunikasi proyek.
4. IT Support Officer
· Menerima,
memprioritaskan dan menyelesaikan permintaan bantuan IT.
· Membeli
hardware IT, software dan hal-hal lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
· Instalasi,
perawatan dan penyediaan dukungan harian baik untuk hardware & software
Windows & Macintosh, peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives
external, dll.
· Korespondensi
dengan penyedia jasa eksternal termasuk Internet Service Provider, penyedia
jasa Email, hardware, dan software supplier, dll.
· Mengatur
penawaran harga barang dan tanda terima dengan supplier untuk kebutuhan yang
berhubungan dengan IT.
· Menyediakan
data / informasi yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan departement regular.
5. Network Administrator
· Maintain
dan perawatan jaringan LAN.
· Archive
data.
· Maintain
dan perawatan komputer.
6. Network Engineer
· Maintenance
LAN dan Koneksi Internet
· Maintenance
hardware
· Maintenance
database dan file
· Help
Desk
· Inventory
7. Network and Computer Systems Administrators
· Menjaga
dan mengelola jaringan komputer dan lingkungan komputasi terkait termasuk
perangkat keras komputer, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, dan
semua konfigurasi.
· Melakukan
backup data dan operasi pemulihan kerusakan.
· Mendiagnosa,
memecahkan masalah, dan menyelesaikan perangkat keras, perangkat lunak, atau
jaringan lainnya dan masalah sistem, dan mengganti komponen yang rusak bila
diperlukan.
· Merencanakan,
mengkoordinasikan, dan melaksanakan langkah-langkah keamanan jaringan untuk
melindungi data, perangkat lunak, dan perangkat keras.
· Mengkonfigurasikan,
memonitor, dan memelihara aplikasi email atau virus software perlindungan.
· Mengoperasikan
master konsol untuk memonitor kinerja sistem komputer dan jaringan, dan untuk
mengkoordinasikan komputer akses jaringan dan penggunaan.
· Memuat
rekaman komputer dan disk, dan menginstal perangkat lunak dan kertas printer
atau form.
· Desain,
mengkonfigurasi, dan perangkat keras uji komputer, jaringan lunak dan perangkat
lunak sistem operasi.
· Memonitor
kinerja jaringan untuk menentukan apakah penyesuaian perlu dibuat, dan untuk
menentukan di mana perubahan harus dibuat di masa depan.
· Berunding
dengan pengguna jaringan tentang bagaimana untuk memecahkan masalah sistem yang
ada.
8. Network Systems and Data Communications Analysts
· Menguji
dan mengevaluasi hardware dan software untuk menentukan efisiensi,
reliabilitas, dan kompatibilitas dengan sistem yang ada, dan membuat
rekomendasi pembelian.
· Desain
dan implementasi sistem, konfigurasi jaringan, dan arsitektur jaringan,
termasuk teknologi perangkat keras dan perangkat lunak, lokasi situs, dan
integrasi teknologi.
· Membantu
pengguna untuk mendiagnosa dan memecahkan masalah komunikasi data.
· Memantau
kinerja sistem dan menyediakan langkah-langkah keamanan, tips dan pemeliharaan
yang diperlukan.
· Menjaga
dibutuhkan file dengan menambahkan dan menghapus file pada server jaringan dan
membuat cadangan file untuk menjamin keselamatan file apabila terjadi masalah
dengan jaringan.
· Bekerja
dengan engineer lain, analis sistem, programer, teknisi, ilmuwan dan manajer
tingkat atas dalam pengujian, desain dan evaluasi sistem.
· Mengidentifikasi
area operasi yang perlu diupgrade peralatan seperti modem, kabel serat optik,
dan kabel telepon.
· Konsultasi
pelanggan, kunjungi tempat kerja atau melakukan survei untuk menentukan
kebutuhan pengguna sekarang dan masa depan.
· Melatih
pengguna dalam menggunakan peralatan.
· Memelihara
perangkat seperti printer, yang terhubung ke jaringan.
9. Web Administrators
· Back
up atau memodifikasi aplikasi dan data yang terkait untuk menyediakan pemulihan
kerusakan.
· Menentukan
sumber halaman web atau masalah server, dan mengambil tindakan untuk
memperbaiki masalah tersebut.
· Meninjau
atau memperbarui konten halaman web atau link pada waktu yang tepat,
menggunakan tool-tool.
· Memonitor
sistem untuk intrusi atau serangan denial of service, dan melaporkan
pelanggaran keamanan untuk personil yang tepat.
· Menerapkan
langkah-langkah keamanan situs web, seperti firewall atau enkripsi pesan.
· Mengelola
internet / intranet infrastruktur, termasuk komponen seperti web, file transfer
protocol (FTP), berita dan server mail.
· Berkolaborasi
dengan tim pengembangan untuk membahas, menganalisis, atau menyelesaikan
masalah kegunaan.
· Test
backup atau pemulihan rencana secara teratur dan menyelesaikan masalah.
· Memonitor
perkembangan web melalui pendidikan berkelanjutan, membaca, atau partisipasi
dalam konferensi profesional, workshop, atau kelompok.
· Menerapkan
update, upgrade, dan patch pada waktu yang tepat untuk membatasi hilangnya
layanan.
10. Web Developers
· Mendesain,
membangun, atau memelihara situs web, menggunakan authoring atau bahasa
scripting, alat penciptaan konten, alat manajemen, dan media digital.
· Melakukan
atau update situs web langsung.
· Menulis,
desain, atau mengedit konten halaman web, atau yang lain langsung memproduksi
konten.
· Berunding
dengan tim manajemen atau pengembangan untuk memprioritaskan kebutuhan,
menyelesaikan konflik, mengembangkan kriteria konten, atau memilih solusi.
· Back-up
file dari situs web untuk direktori lokal untuk pemulihan instan dalam kasus
masalah.
· Mengidentifikasi
masalah yang ditemukan oleh umpan balik pengujian atau pelanggan, dan
memperbaiki masalah masalah atau merujuk pada personalia yang tepat untuk
koreksi.
· Evaluasi
kode untuk memastikan bahwa itu adalah sah, benar terstruktur, memenuhi standar
industri dan kompatibel dengan browser, perangkat, atau sistem operasi.
· Menjaga
pemahaman teknologi web saat ini atau praktek pemrograman melalui melanjutkan
pendidikan, membaca, atau partisipasi dalam konferensi profesional, workshop,
atau kelompok.
· Menganalisis
kebutuhan pengguna untuk menentukan persyaratan teknis.
· Mengembangkan
atau memvalidasi tes routine dan jadwal untuk memastikan bahwa uji kasus meniru
antarmuka eksternal dan alamat semua jenis browser dan perangkat.
11. Computer Security Specialists
· Mengenkripsi
transmisi data dan membangun firewall untuk menyembunyikan informasi rahasia
seperti sedang dikirim dan untuk menahan transfer digital tercemar.
· Mengembangkan
rencana untuk melindungi file komputer terhadap modifikasi disengaja atau tidak
sah, perusakan, atau pengungkapan dan untuk memenuhi kebutuhan pengolahan data
darurat.
· Meninjau
pelanggaran prosedur keamanan komputer dan mendiskusikan prosedur dengan
pelanggar untuk memastikan pelanggaran tidak terulang kembali.
· Memonitor
penggunakan file data dan mengatur akses untuk melindungi informasi dalam file
komputer.
· Monitor
laporan saat ini dari virus komputer untuk menentukan kapan untuk memperbarui
sistem perlindungan virus.
· Memodifikasi
keamanan file komputer untuk memasukkan software baru, memperbaiki kesalahan,
atau mengubah status akses individu.
· Melakukan
penilaian risiko dan melaksanakan tes pengolahan data sistem untuk memastikan
fungsi pengolahan data kegiatan dan langkah-langkah keamanan.
· Berunding
dengan pengguna untuk membahas isu-isu seperti akses data komputer kebutuhan,
pelanggaran keamanan, dan perubahan pemrograman.
· Melatih
pengguna dan meningkatkan kesadaran keamanan untuk memastikan keamanan sistem
dan untuk meningkatkan efisiensi server dan jaringan.
· Mengkoordinasikan
pelaksanaan rencana sistem komputer dengan personil pendirian dan vendor luar.
Standar
Profesi ACM dan IEEE Dan Contoh-Contoh Sertifikasi Nasional Dan Internasional
Dari Sertifikasi Software dan Database Development
1. ACM (Association for Computing Machinery)
ACM (Association for Computing Machinery) atau
Asosiasi untuk Permesinan Komputer adalah sebuah serikat ilmiah dan pendidikan
computer pertama didunia yang didirikan pada tahun 1947 SIG dan ACM, mensponsori
konferensi yang bertujuan untuk memperkenalkan inovasi baru dalam bidang
tertentu. Tidak hanya mensponsori konferensi ,ACM juga pernah mensponsori
pertandingan catur antara Garry Kasparov dan computer IBM DeepBlue.
ACM telah menciptakan sebuah perpustakaan digital
dimana ia telah membuat seluruh publikasi yang tersedia .ACM perpustakaan
digital merupakan koleksi terbesar didunia informasi mengenai mesin komputasi
dan berisi arsip jurnal ,majalah ,prosiding konferensi online,danisu-isu
terkini ACM publikasi. Layanan online termasuk forum yang disebut Ubiquity dan
TechNews mencerna,baik yang berisi informasi terbaru tentang dunia IT.
Pesaing utama ACM adalah IEEE Computer Society.
Perbedaan antara ACM dan IEEE adalah, ACM berfokus pada ilmu komputer teoritis
dan aplikasi pengguna akhir, sementara IEEE lebih memfokuskan pada
masalah-masalah hardware dan standardisasi. Cara lain untuk menyatakan
perbedaan yaitu ACM adalah ilmuwan komputer dan IEEE adalah untuk insinyur listrik,
meskipun subkelompok terbesar adalah IEEE Computer Society. ACM memiliki empat
“Boards” yaitu:
1.
Publikasi
2.
SIG Governing Board,
3.
pendidikan, dan
4.
Badan Layanan Keanggotaan.
2. IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)
IEEE (Institute of Electrical and Electronics
Engineers) adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak
ahli dibidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan
bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi- teknologi baru dalam semua
aspek dalam industry dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi,
jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika. Tujuan inti IEEE
adalah mendorong inovasi teknologi dan kesempurnaan untuk kepentingan
kemanusiaan.
Visi IEEE adalah akan menjadi penting untuk masyarakat
teknis global dan professional teknis dimana-mana dan dikenal secara universal
untuk kontribusi teknologi dan teknis yang professional dalam meningkatkan
kondisi perkembangan global.
Standar dalam IEEE adalah mengatur fungsi ,kemampuan
dan interoperabilitas dari berbagai macam produk dan layanan yang mengubah cara
orang hidup, bekerja dan berkomunikasi. Proses pembangunan IEEE standar dapat
dipecah melalui tujuh langkah dasar yaitu:
1. Mengamankan Sponsor,
2. Meminta Otorisasi Proyek,
3. Perakitan Kelompok Kerja,
4. Penyusunan Standard,
5. Pemungutan suara,
6. Review Komite,
7. Final Vote.
Pada tahun 1980 bulan 2, IEEE membuat sebuah bagian
yang mengurus standarisasi LAN (LocalAreaNetwork) dan MAN
(MetropolitanAreaNetwork). Bagian ini kemudian dinamakan sebagai 802. Angka 80
menunjukkan tahun dan angka 2 menunjukkan bulan dibentuknya kelompok kerja ini.
Ada beberapa unit kerja dengan bidang yang mereka tangani diantaranya:
IEEE Indonesia Section berada pada IEEE Region 10
(Asia-Pasifik). Ketua IEEE Indonesia Section tahun 2009-2010 adalah Arnold Ph
Djiwatampu. Saat ini IEEE Indonesia Section memiliki beberapa chapter, yaitu:
-
Chapter Masyarakat Komunikasi (Communications Society Chapter).
-
Chapter Masyarakat Sistim dan Sirkuit (Circuits and Systems Society Chapter).
-
Chapter Teknologi Bidang Kesehatan dan Biologi (Engineering in Medicine and
Biology Chapter).
-
Chapter Gabungan untuk Masyarakat Pendidikan, Masyarakat Peralatan Elektron,
Masyarakat Elektronik Listrik, dan Masyarakat Pemroses Sinyal (Join Chapter of
Education Society, Electron Devices Society, Power Electronics Society, Signal
Processing Society).
-
Chapter Gabungan MTT/AP-S (Joint chapter MTT/AP-S).
Berikut ini contoh sertifikasi yang dikeluarkan
beberapa vendor internasional yang diakui secara luas baik di Indonesia maupun
di luar negeri:
A. Sertifikasi Internasional untuk bahasa pemograman
Java yang dikeluarkan oleh Sun Corporation, meliputi 3 kategori sertifikasi,
yaitu:
- SCP (Sun Certified Programmer)
- SCD (Sun Certified Developer)
- SCA (Sun Certified Architect)
B. Sertifikasi lain yang juga dikeluarkan oleh Sun
adalah:
- SCWCD (Sun Certified Web Component Developer)
- SCBCD (Sun Certified Business Component Developer)
- SCDJWS (Sun Certified Developer for Java Web
Service)
- SCMAD (Sun Certified Mobile Application Developer)
C. Sertifikasi Internasional yang dikeluarkan
Microsoft menawarkan beberapa sertifikasi internasional sebagai pengakuan atas
keahlian, kemampuan dan pengetahuan mereka dalam bidang tertentu, yaitu:
- MCP (Microsoft Certified Professional)
- MCTS (Microsoft Certified Technical Solution)
- MCSE (Microsoft Certified System Engineer)
- MCAD (Microsoft Certification Application
Development)
- MCSD (Microsoft Certified Solution Developer)
- MCT (Microsoft Certified Trainer)
D. Sedangkan sertifikasi internasional yang erat
kaitannya dengan networking yang dikeluarkan oleh Cisco. Dalam hal ini Cisco
mengeluarkan beberapa sertifikasi internasional, yaitu Associate, Professional
dan Expert, antara lain:
- CCNA (Cisco Certified Network Associate)
- CCNP (Cisco Certified Network Professional)
- CCIE (Cisco Certified Inrernetworking Expert)
- CCar (Cisco Certified Architect)
Perbandingan
ACM dan IEEE Computer Society
1. ACM
·
berfokus pada ilmu
komputer teoritis dan aplikasi pengguna akhir
·
ACM adalah ilmuwan
computer
2. IEEE
·
lebih memfokuskan
pada masalah-masalah hardware dan standardisasi
·
IEEE adalah untuk
insinyur listrik
Meskipun
subkelompok terbesar adalah IEEE Computer Society, tentu saja ada tumpang
tindih yang signifikan antara kedua organisasi, dan mereka kadang-kadang
bekerjasama dalam proyek-proyek seperti pengembangan kurikulum ilmu computer.
Standar Profesi di Indonesia Dan Regional
Berdasarkan perkembangan Teknologi Informasi secara
umum, serta kebutuhan di Indonesia serta dalam upaya mempersiapkan diri untuk
era perdagangan global. Beberapa usulan dituangkan dalam bab ini. Usulan-usulan
tersebut disejajarkan dengan kegiatan SRIG-PS (SEARCC), dan IPKIN selaku
perhimpunan masyarakat komputer dan informatika di Indonesia. Juga tak terlepas
dari agenda pemerinta melalui Departemen terkait. Langkah-langkah yang diusulan
dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :
- Penyusunan kode etik profesiolan Teknologi Informasi
- Penyusunan Klasifikasi Pekerjaan (Job) Teknologi
Informasi di Indonesia
- Penerapanan mekanisme sertifikasi untuk profesional
TI
- Penerapan sistem akreditasi untuk Pusat Pelatihan
dalam upaya Pengembangan Profesi
- Penerapan mekanisme re-sertifikasi
- Promosi Standard Profesi Teknologi Informasi
Beberapa rencana kegiatan SRIG-PS pada masa mendatang
dalam upaya memasyarakatkan model standardisasi profesi dalam dunia TI adalah :
- Distribusi dari manual SRIG-PS di SEARCC”96 di
Bangkok.pada bulan Juli 1996.
- Promosi secara ekstensif oleh para anggota dari
1996-1997
- Presentasi tiap negara yang telah benar-benar
mengimplementasikan standard yang berdasarkan model SRIG-PS, pada SEARCC’97 di
New Delhi. Ini merupakan penutupan phase 2 dari SRIG-PS.
Untuk memasyarakatkan stardisasi profesi dan sistem
sertiikasi ini, maka harus dilakukan lebih banyak promosi dalam penyebaran
standard kompetensi. Promosi akan dilakukan melalui radio, majalah, atau bahkan
TV. Terlebih lagi, adalah penting untuk mempromosikan standard ini ke pada
institusi pendidikan, teurtama Bagian Kurikulum, karena pendidikan Teknologi
Informasi harus disesuaikan agar cocok dengan standard yang akan diterapkan
dalam industri. Promosi ini memiliki berbagai sasaran, pada tiap sasaran tujuan
yang ingin dicapai adalah berbeda-beda. Pemerintah, untuk memberi saran kepada
pemerintah, dan pembuat kebijaksanaan dalam bidang TI dalam usaha pengembangan
sumber daya manusia khususnya bidang TI. Pemberi Kerja, untuk membangkitkan
kesadaran di antara para pemberi kerja tetang nilai-nilai dari standard
profesional dalam meningkatkan kualitas profesional TI. Profesional TI, untuk
mendorong agar profesional TI, dari negara anggota melihat nilai-nilai snatndar
dalam profesi dak karir mereka.
Insitusi dan Penyusun kebijaksanaan Pendidikan, untuk
memberi saran pada pembentukan kurikulum agar dapat memenuhi kebutuhan dan
standard profesional di regional ini dalam Teknologi Informasi. Masyarakat
Umum, untuk menyadarkan umum bahwa Standard Profesional Regional adalah penting
dalam menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas. Untuk mempromosikan model
standardisasi dalam dunia TI ini, SEARCC memiliki berbagai perencanaan kampanye
antara lain :
- Publikasi dari Standard Profesional Regional
diterbitkan di seluruh negara anggota
- Presentasi secara formal di tiap negara anggota.
- Membantu implementasi standard di negara-negara
anggota
- Memonitor pelaksanaan standard melalui
Himpunan/Ikatan nasional
- Melakukan evaluasi dan pengujian
- Melakukan perbaikan secara terus menerus
- Penggunaan INTERNET untuk menyebarkan informasi
mengenai standard ini.
Untuk mengimplementasi promosi di Phase 2, SRIG-PS
memperoleh dana bantuan yang akan digunakan untuk :
- Biaya publikasi : disain, percetakan dan distribusi
- Presentasi formal di negara anggota
- Membantu implementasi standar di negara anggota
- Pertemuan untuk mengkonsolidasi, memonitor, dan
bertukar pengalaman.
Adalah penting untuk menyusun WEBpage mengenai
Standardisasi Profesi pada Teknologi Informasi. WEBpage ini akan memberikan
informasi mengenai model SRIG-PS dan model standard di Indonesia.
KELOMPOK :
- Anthony Martono (11113176)
- M. Aditya Rahman (15113109)
Sumber
:
http://fitria-sumawardani.blogspot.co.id/2015/04/jenis-jenis-profesi-dan-deskripsi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar