Translate

Jumat, 28 November 2014

BEWARE: BEKASI APOCALYPSE
HATI-HATI NYELA BEKASI,SEMUA ITU BISA TERJADI DI KOTA KAMU JUGA LHO. LANTAS,APA SALAH BEKASI?

            Mengikuti ejekan meme tentang Bekasi,biasanya teman gue langsung marah-marah nggak jelas. Tapi sepertinya energinya habis lantaran terlalu banyak meme yang beredar dan menjelekkan kota tempat yang Ia tinggali itu. Mulai dari letaknya yang jauh,jalanannya yang rusak,sampai cuaca yang panas di kota tersebut. Kasihan dia,kasihan banget Bekasi.
            Ngomongin eksistensi Bekasi sendiri,sebenarnya nggak bisa lepas dari Jakarta sebagai Ibukota RI. Bisa dipastikan,Jakarta memang bakalan sangat penuh kalau semua orang tumplek-blek di sana.
            Makanya,dibangunlah konsep kota satelit,yakni kota yang terletak di tepi kota  besar. Kotanya sih terbilang mandiri,walaupun sebagian besar penduduknya masih bekerja di Jakarta. Untuk kasus di Jakarta,kita mengenla akronim Jabodetabek. Jakarta,Bogor,Depok,Tangerang dan Bekasi.
Memang sebegitu parahnya Bekasi sampai pantas untuk di-bully? Soalnya,kalau pembangunan yang salah terus menerus dibiarkan,bakal terjadi yang namanya bunuh diri ekologis. Kira-kira begini gambarannya..
·         Di Bekasi banyak setu yang dijadikan pemukiman warga. Hasilnya,daerah resapan air berkurang. Saat musim hujan rawan banjir dan pas musim kemarau terancam krisis air bersih.
·         Macet yang akhirnya bikin polusi udara,panas dan bikin warganya jadi stress.
·         Pengelolaan transportasi masal yang buruk seperti memaksa penduduknya untuk menggunakan kendaran pribadi. Nggak ada jalur sepeda atau pejalan kaki serta banyak ankot yang ngetem dan pada akhirnya bikin macet.
·         Bekasi sebagai kota lintasan yang dilewati orang Jakarta ke luar atau sebalikya. Tidak adanya jalan lingkar luar,sehingga truk,bus dll harus lewat tengah kota,yang akhirnya bikin macet(lagi).
·         Banyak lahan yang diajadikan perumahan,perkantoran,ruko atau tenpat perbelanjaan,bikin ruang hijau berkurang dan warga jadi nggak punya tempat rekreasi,nggak ada pohon jadi bikin panas dan gersang.

Kalau dibiarkan terus menerus,akan terjadi bencana sepanjang tahun. Mulai dari banjir,krisis air bersih,kebakaran sampai kualitas udara yang buruk. Dan sangat mungkin menular ke kota-kota satelit lainnya seperti Bogor,Depok dan Tangerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar