Translate

Jumat, 28 November 2014

Resume Kelompok III

Proses Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi

Pengertian Keputusan.
Menurut Siagian pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis terhadap hakikat alternatif yang dihadapi dan mengambil tindakan yang menurut perhitungan merupakan tindakan yang paling tepat.
Pengertian Organisasi.
Suatu unit sosial yang dikordinasikan secara sengaja, terdiri dari dua orang atau lebih yang berfungsi pada suatu basis yang relatif bersinambung untuk mencapai tujuan atau serangkaian tujuan.
Secara umum jenis pengambilan keputusan dapat dikategorikan dalam dua bentuk, yakni keputusan terprogram dan keputusan tidak terprogram.

1. Keputusan terprogram
Keputusan terprogram adalah tindakan menjatuhkan pilihan yang berlangsung berulang kali dan diambil secara rutin dalam organisasi. Keputusan terprogram biasanya menyangkut pemecahan masalah-masalah yang sifatnya teknis serta tidak memerlukan pengarahan dari tingkat manajemen yang lebih tinggi.

2. Keputusan tidak terprogram
Keputusan tidak terprogram muncul sebagai akibat dari suatu situasi di mana ada suatu kemendesakan untuk segera mengambil tindakan dan memecahkan masalah yang timbul. Biasanya keputusan ini bersifat repetitif,tidak terstruktur dan sukar mengenali bentuk,hakekat dan dampaknya.
Pengambilan keputusan terjadi sebagai suatu reaksi terhadap suatu masalah[problem]. Terdapat penyimpangan antara suatu keadaan dewasa ini dan keadaan yangdiinginkan, yang menuntut penafsiran dan evaluasi terhadap informasi. Terdapat 2 faktor menyebabkan stimulus masuk dalam rentang perhatian seseorang. yaitu Faktor Eksternal: Kontras, perubahan intensitas, pengulangan dan sesuatu yang baru. Sedangkan Faktor internal terdiri dari: Pengalaman atau pengetahuan, harapan, motivasi, emosi dan budaya.

Dalam proses pengambilan keputusan yang optimal adalah dengan rujukan terhadap pilihan dan memaksimalkan nilai  (rasional). Terdapat enam langkah dalam model pengambilan keputusan rasional, yaitu: penetapan masalah, identifikasi masalah, alokasikanbobot kriteria, kembangkan alternatif, evaluasi alternatif dan pilihan alternatif terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar