Translate

Jumat, 28 November 2014

INDONESIAN SUPER HERO in HISTORY
MESKIPUN SAAT INI BANYAK FILM SUPERHERO BUATAN MARVEL ATAU DC COMICS,NAMUN HARUS TAHU JUGA INDONESIA PUNYA FILM SERUPA BERTAHUN-TAHUN LALU.
 
1. Gundala Putra Petir
            Menurut info yang beredar,film ini tengah digarap lagi oleh sutradara Hanung Brahmantyo,namun film serupa pernah digarap pada tahun 1981 oleh Lilik Sudijo. Special effect-nya dulu justru membuat kita bingung. Maklumlah pada tahun tersebut belum ada teknologi yang mumpuni dalam membuat film superhero berkekuatan petir tersebut. Dibintangi oleh Teddy Purba sebagai Sancoko,Pitrajaya Burnama sebagai Dewa Petir dan Anna Tiara sebagai Minarti,ini ceritanya mengikuti komiknya yang digambar oleh komikus lokal bernama Hasmi.
2. Darna Ajaib
            Film pahlawan super remaja Indonesia yang dirilis pada 1980 silam ini,menampilkan sosok seorang cewek berkekuatan super yang bisa berubah wujud,terbang dan berlari secepat kilat. Yap,seorang cewek yang bernama Darna itu memilki seorang musuh yang bernama Malia yang merupakan anak dari raksasa iblis jahat,dengan ambisi mengusai bumi. Film ini dibintangi aktor dan aktris lawas Indonesia papan atas seperti Lydia Kandou,Dian Ariestya,Donny Nurhadi dan A. Hamied Arief. Uniknya lagi,film ini di sutradarai oleh Lilik Sudijo yang juga menggarap Gundala Putra Petir.
3. Si Buta Dari Gua Hantu
            Sosok yang satu ini mungkin masih familiar oleh kita. Dimana seorang cowok yang mempunyai kekurangan pada penglihatannya berjuang melawan kejahatan bersama dengan monyet kesayangannya Kliwon. Film yang masih juga di sutradarai oleh Lilik Sudijo,dirilis pada tahun 1970 lalu. Dan dibintangi oleh Ratno Timoer dan Maruli Sitompul. Film ini mendapat respon positif dari para pecinta film.
4. Rama Superman Indonesia
            Ternyata sosok Superman nggak hanya dari Hollywood,lho. Pasalnya,dari negeri kita sendiri juga ada yang sejenis dengan sosok superhero tersebut. Namanya adalah Rama Superman Indonesia yang dirilis pada 1974 silam. Apesnya film ini ternyata nggak bisa diedarkan secara internasional karena melanggar hak cipta nama Superman. Sehingga sang sutradara film Frans Totok Ars,hanya bisa menyangkan film buatannya di Indonesia saja.
5. Wiro Sableng
            Tokoh fiksi yang berasal dari serial novel buatan Bastian Tito ini,berkisah tentang  sorang pendekar bernama Wira Saksana yang sejak bayi digembleng oleh sang guru. Untungnya sang guru,Sinto Gendeng memang terkenal di dunia persilatan hingga bisa memberikan Kapak Maut Naga Geni 212 kepada Wiro. Dipernakan oleh aktor bernama Ken Ken,serial televisi Wiro Sableng berhasil mencuri perhatian penikmat film dan juga fans serial novelnya yang ditayangkan pada tahun 1989.
6. Pandji Tengkorak

            Sejak dahulu sebenranya sineas Indonesia sudah pernah bekerjasama dengan rumah produksi film luar negeri,lho. Contohnya film Pandji Manusia Tengkorak yang di sutradrai oleh A. Harris dan Yang Shih Ching pada 1971 silam. Film yang berkisah tentang seorang pendekar bernama Pandji Tengkorak yang sempat dikira penjahat oleh orang awam karena penampilannya. Fil ini dibintangi oleh Deddy Sutomo,Shan Kuang Ling Fung,dan Maruli Sitompul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar