Translate

Jumat, 28 November 2014

Resume Kelompok V
Perubahan dan Perkembangan Organisasi

Organisasi apapun tidak dapat menghindarkan diri dari pengaruh daripada berbagai perubahan yang terjadi di luar organisasi. Yang dimaksud dengan proses perubahan organisasi adalah tata urutan atau langkah langkah dalam mewujudkan perubahan organisasi.

Perubahan organisasi merupakan perubahan yang berkaitan dengan pengembangan, perbaikan, maupun penyesuaian yang meliputi struktur, teknologi, metode kerja maupun sistem manajemen suatu organisasi.suatu organisasi tidak harus melaksanakan suatu perubahan. Hal ini merupakan suatu strategi untuk memenuhi beberapa keseluruhan tujuan dari suatu organisasi.

            Dalam setiap organisasi,perkembangan aktifitas atau yang berkaitan demi kemajuan organisasi itu mutlak diperlukan. Pada pengembangan organisasi tersebut memiliki karateristik atau cirinya masing-masing.

Pengembangan organisasi yang efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.      Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional, yang memiliki sasaran jelas berdasarkan diagnosa yang tepat dan akurat tentang permasalahan yang dihadapi oleh suatu organisasi.
2.      Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan terjadi terhadap suatu organisasi.
3.      Menekankan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi.
4.      Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting.
5.      Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi, interaksi dan interdependensi antara organisasi sau dengan organisasi yang lainnya.
6.      berbagai satuan kerja sebagai bagian integral di suasana yang utuh.
7.      Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.
Pengembangan pada organisasi memiliki tujuan sebagai berikut:

1.      Menciptakan keharmonisan hubungan kerja antara pimpinan dengan staff maupun anggota organisasi yang lain.
2.      Menciptakan kemampuan untuk memecahkan masalah organisasi secara terbuka dan terstrukktur.
3.      Menciptakan keterbukan dalam berkomunikasi
4.      Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
5.      Mensejahterakan lingkungan masyarakat sekitar dan masyarakat luar
6.      Meningkatkan wawasan lingkungan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar